Pembelajaran IPA Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Diseminasi Kegiatan DIDAMBA kepada rekan sejawat |
Kegiatan
DIDAMBA ini selain inovasi yang dilakukan PPPPTK IPA untuk memperluas jangkauan
layanan bagi guru dan tenaga kependidikan IPA yang ingin meningkatkan
kompetensinya juga mampu memberikan ruang belajar yang sangat bagus buat guru
IPA di masa era New Normal ini. Pelayanan atau situs DIDAMBA dapat diakses di mana
saja dan kapan saja melalui https://pkb.p4tkipa.kemdikbud.go.id/mooc. Program DIDAMBA untuk tingkat SMP saat ini ada 11 kelas yang bisa diikuti dan dipilih, yaitu:
- Desain pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka
- Membumikan pembelajaran IPA berorientasi ESD
- Pembelajaran IPA berorientasi AKM
- Teknologi ramah lingkungan
- Diklat KTI bagi guru IPA
- Pengelolaan laboratorium IPA
- Penggunaan bahan alami sebagai indikator asam-basa melalui pembelajaran siklus 5E
- Analisis dan pengembangan soal pilihan ganda berbasis kompetensi ilmiah
- Pengembangan desain pembelajaran berbasis STEM
- Sayangi bumi: PJJ STEM bertema lingkungan untuk guru IPA
- Inkuiri di masa pandemi untuk guru IPA
Setiap kelas memiliki jumlah peserta adalah 40-50 orang per kelas. Setiap peserta dalam setiap kelas akan mengikuti pembelajaran dalam 2 tahap: Tahap 1 (Tahap Pembelajaran) selama 36 Jam Pelajaran (JP) dan Tahap 2 (Tahap Praktik) selama 32 JP. Secara keseluruhan, Program Pada Laporan Diseminasi pada angkatan ke-15 ini, kami memilih kelas Pembelajaran IPA Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ). Kami berharap bahwa dengan adanya laporan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat guru IPA se-Indonesia untuk mengikuti kegitan yang luar biasa ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar