Halaman

Minggu, 04 Juli 2021

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3

Salah satu tugas yang harus dikerjakan dalam pendidikan Calon Guru Penggerak pada LMS adalah Demonstrasi Kontekstual. Pada kesempatan ini, saya menampilkan tentang demonstrasi kontekstual modul 1.3 tentang penerapan metode Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA.

Apa itu BAGJA?

BAGJA merupakan sebuah singkatan yang artinya BAHAGIA (dalam bahasa sunda). BAGJA ini merupakan pengembangan dari 5 langkah utama yang digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Lima tahapan utama yang dijalankan dalam akronim BAGJA tersebut adalah:

  1. Buat pertanyaan utama
  2. Ambil Pelajaran
  3. Gali Mimpi bersama
  4. Jabarkan rencana untuk mencapai gambaran yang diinginkan
  5. Atur Eksekusi

Berikut Demonstrasi Kontektual Modul 1.3 (KLIK TONTON)

Tahapan BAGJA

1. Buat Pertanyaan ( Define )

Pada tahapan ini adalah tahapan bagaimna kita bisa menyajikan pertanyaan yang digunakan sebagai penentu arah penelurusan terkait perubahan yang kita inginkan.

2. Ambil pelajaran ( Descover )

Langkah ini dapat dilakukan setelah pertanyaan utama disepakati. Pada bagian ini dirancang untuk menuntun atau mengambil pelajaran dari pengalaman individu atau kelompok baik dalam kondisi yang berbeda maupun sama.

3. Gali mimpi ( Dream )

Langkah selanjutnya adalah gali mimpi. Menggali mimpi secara bersama. Pada tahapan BAGJA ini Seluruh anggota komunitas sekolah; Kepala Sekolah, Guru, Siswa atau peserta didik akan menggali mimpi sebagai kondisi ideal yang diinginkan atau dicapai yang bisa digambarkan secara rinci melalui sebuah deskripsi atau narasi serta dibutuhkan pula beberapa pertanyaan-pertanyaan pemandu dalam penyusunan narasi.

4. Jabarkan rencana ( Design )

Tahapan BAGJA ini adalah bagimana bisa mengidentifikasi tindakan yang diperlukan dan mengambil keputusan-keputusan. Ini adalah rentetan rencana yang akan diwujudkan dalam aksi nyata.

5. Atur Eksekusi ( Deliver )

Tahapan  ini adalah tahapan BAGJA terakhir. Adanya waktu dan ruang sebagai bentuk pelaksanaan dari kegiatan yang secara detail di rencanakan sebelumnya.  Diperlukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu memutuskan peran dan  kesepakatan-kesepakatan dari rencana tersebut.

Tonton Juga (Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3)

Langka Kongkrit BAGJA

Langkah-langkah kongkrit yang bisa kita lakukan dalam menerapkan BAGJA yang menggunakan paradigma inkuiri apresiatif adalah:

  1. Menyusun rencana perubahan atau prakarsa perubahan yang akan dilakukan
  2. Memetakan kekuatan yang ada di sekolah; kekuatan ini harus diketahui sebagai bentuk perubahan positif
  3. Melakukan evaluasi hal-hal positif yang ada di sekolah
  4. Berkolaborasi atau bekerja sama  dengan stakeholders dan rekan sejawat untuk mendukung prakarsa perubahan yang akan dilakukan
  5. Pastikan mendapat dukungan dan motivasi dari seluruh stakeholders
  6. Jangan lupakan untuk melakukan pendekatan psikologi positif dan pendidikan postifif

IA atau inkuiri apresiatif ini pada akhir implementasinya adalah mengupayakan agar kelemahan suatu sistem dalam organisasi menjadi tidak relevan, karena semua aspek dalam organisasi fokus pada penyelarasan kekuatan, dengan satu tujuan yaitu mengatasi kelemahan.

Tonton Juga (Demonstrasi Kontekstual Modul 1.4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar