Lokakarya 3 CGP Angkatan 2 Kabupaten Lampung Tengah
Lokakarya 3 CGP Angkatan 2 Kabupaten Lampung Tengah dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 29 - 30 Juli 2021. Sedikit berbeda kegiatan Lokakarya 3 ini dengan Lokakarya sebelum-sebelumnya. Perbedaannya terletak dari moda kegiatan dan juga peserta yang mengikuti kegiatan. Lokakarya 3 ini dilaksanakan secara daring (sinkronus) yang pada lokakarya sebelumnya dilakukan secara luring. Kondisi ini dilakukan karena situasi di daerah khususnya Kabupeten Lampung Tengah kasus lonjakan covid-19 semakin meningkat. Perbedaan lainnya adalah pada lokakarya 3 ini menghadirkan kepala sekolah serta pengawas yang kemudian bersama-sama CGP masing-masing sekolah merumuskan visi dan misi sekolah serta merancang program sekolah yang berdampak pada murid berdasarkan analisis terhadap hasil pembelajaran sesuai kebutuhan dan harapan semua warga sekolah. Rancangan program sekolah ini kemudian harus dibuktikan dalam sebuah aksi jangka pendek yang harus dilakukan sekolah (dalam hal ini deal CGP dan kepala sekolah) untuk satu bulan ke depan.
Kegiatan lokakarya 3 ini juga sedikit berbeda buat saya. Kenapa? karena pendamping atau pengajar praktik saya kelas 43 A1; ibu Wahyuni, S.Pd. tidak bisa ikut dikarenakan kondisi kesehatan dan juga keadaan keluarga. Dengan alasan itu membuat CGP kelas 43 A1 harus dipisah-pisah dan bergabung dengan CGP pada kelas yang lainnya. Pada kesempatan lokakarya 3 ini saya diberi kesempatan untuk belajar dengan CGP kelas lain dengan pengajar praktik ibu Maya Aryani, M.Pd.
![]() |
| CGP, Pengejar Praktik ( Ibu Maya Aryani, M.Pd ) Lokakarya 3 Daring |
Pada lokakarya 3 ini kepala sekolah saya tidak bisa hadir dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik, sehingga saya harus berkolaborasi dengan Ibu Eni Nuraisah, S.Pd. guru yang mewakili kepala sekolah untuk membahas visi dan misi sekolah serta merancang program sekolah yang berdampak pada murid. Walaupun dalam kegiatan lokakarya 3 ini saya dengan guru yang mewakili kepala sekolah, akan tetapi kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kami tetap bisa melakukan diskusi virtual untuk membahas rancangan visi dan misi sekolah serta beberapa program sekolah dan juga menetapkan beberapa program sekolah yang akan dilakukan pada satu bulan ke depan.
Lokakarya 3 hari ke-1
Kegiatan ini dilakukan pada Jum'at tanggal 29 Juli 2021 mulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB. Kegiatan dimulai dari pembukaan kegiatan lokakarya dan dilanjutkan dengan presentasi materi dari Pengajar Praktik. Sesi ini pada kegiatan lokakarya 3 pada hari pertama ini yaitu kami CGP harus melakukan diskusi di ruang virtual bersama kepala sekolah membahas hasil diskusi atau wawancara yang dilakukan CGP terhadap kepala sekolah, rekan sejawat, murid dan wali murid (komite) sebelum dilaksanakan kegiatan lokakarya 3. Diskusi ini merupakan bagian dari TUGAS MANDIRI LOKAKARYA 3 yang diberikan sebagai PR pada kegiatan lokakarya sebelumnya. Teknik Diskusi yang digunakan CGP melalui metode BAGJA yaitu (1) Ambil pelajaran. Apa pembelajaran dari pelaksanaan proses belajar dan mengajar di sekolah selama ini? (2) Gali mimpi. Apa harapan/mimpi terhadap sekolah yang berdampak pada murid. Beberapa jawaban-jawaban dari pertanyaan diskusi tersebut digunakan CGP dan kepala sekolah sebagai acuan dalam merumuskan visi, misi sekolah dan juga program kerja yang berdampak pada murid.
![]() |
| Diskusi CPG ( Anton Wardani, S.Pd ) dengan Kepala Sekolah ( diwakili Guru Eni Nuraisah, S.Pd.) merumuskan visi dan misi sekolah |
Lokakarya 3 Hari ke-2
Visi Sekolah
Ber-Akhlak MuLia, Kreatif, BerbudaYA ( AMAL KAYA )
Misi
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan nilai luhur budaya bangsa
- Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga berkembang secara optimal
- Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga setiap peserta didik dapat berkembang sesuai potensi yang dimiliki
- Menumbuhkan dan melaksanakan penerapan budaya masyarakat (daerah) untuk menciptakan budaya positif di sekolah
- Mendorong lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa serta berakhlak mulia, kreatif dan juga berbudaya.
- Melakukan dan mengembangkan program pendidikan karakter peserta didik seperti pelaksanaan sholat dhuha berjam'ah, sholat dzuhur berjama'ah, bakti sosial dan budaya positif sekolah lainnya
- Melakukan bimbingan terpadu kepada peserta didik
- Mengembangkan peningkatan kegiatan ekstrakurikuler
- menggiatkan budaya literasi di sekolah dengan membuat komunitas literasi sekolah dan program TETAS (Terowongan Kreativitas Siswa)
- Melakukan program penampilan siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa
![]() |
| Hasil diskusi CGP dengan Kepala sekolah |
- Melakukan kegiatan program pendidikan karakter peserta didik dalam pelajaran moda daring sinkronus dan asinkronus. Kegiatan PKP ini seperti mengucapkan salam, berdo'a, menerapkan kesepakatan kelas dan juga mengingatkan untuk melaksanakan sholat dhuha.
- mendata siswa yang memiliki minat dan bakat dalam literasi
- Melakukan koordinasi dengan penjabat yang berwenang (kepala sekolah)
- Melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan guru BK, wali kelas, rekan guru
- Berkolaborasi dengan orang tua dan komite sekolah
- Melakukan sosialiasi ke semua warga sekolah, orang tua dan stakeholder terkait kegiatan yang akan dilakukan.
- Bimbingan yang dilakukan secara berkala dan melakukan supervisi juga evaluasi dari kegiatan yang dilakukan
- Koordinasi dan kolaborasi dengan rekan guru













Mantaaab, belum selesai aja udah bagus gini
BalasHapusKeren..,
BalasHapusLanjutkan...
Cool sir. Ilmunya top ππΎππΎππΎ
BalasHapusBagus pk Anton,terus maju,lanjutkan..
BalasHapusππ»ππ»ππ»
Bener bener keren dan rajin
BalasHapusSekalian biar sambil belajar nulis di blog Wiwin.. yuk di coba juga yuk..
Hapus