Rencana dan Implementasi RPP Diferensiasi Di kelas
Pada aksi nyata modul 2.1 kali ini yaitu tentang rencana dan penerapan RPP diferensiasi yang dilakukan di kelas. Kegiatan aksi nyata ini saya lakukan pada tanggal 27 Juli 2021 di kelas VIII.5 dan kelas VIII.6.
Untuk RPP diferensiasi saya mengambil judul topik Gerak Pada Makhluk Hidup dengan subtopik Gerak Pada Tumbuhan. Alokasi waktu dalam RPP adalah 2 jam pelajaran dengan model daring asinkronus.
Kegiatan pembelajaran dalam RPP diferensiasi daring asinkronus yang saya buat tetap memperhatikan pemetaan kebutuhan peserta didik; tetap memperhatikan dari sisi kesiapan belajar (readiness), minat belajar siswa, profil belajar (gaya belajar) siswa. Penekanan RPP diferensiasi daring asinkronus ini lebih banyak pada aspek profil belajar siswa; dengan memperhatikan tipe belajar, apakah audio, visual dan kinestetik.
Ada beberapa alasan kenapa pada aksi nyata rencana dan penerapan RPP diferensiasi ini menggunakan daring asinkronus, antara lain:
- Memperhatikan kesiapan sarana dan prasarana siswa, baik gadget ataupun kuota internet serta sinyal. Untuk moda asinkronus lebih mudah siswa dalam mengakses pembelajaran, karena hanya menggunakan beberapa aplikasi familiar seperti WA, blog dan aplikasi pendukung lainnya.
- Sebagai uji coba awal, efektif atau tidak ketika menggunakan moda daring asinkronus dalam pembelajaran dengan RPP diferensiasi
- guru menyiapkan kondisi psikis dan fisik peserta didik dalam kelas daring seperti menyapa dengan salam, melakukan do’a belajar di grup whatsapp kelas. (orientasi)
- Guru menyampaikan, Apabila kegiatan ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka akan sangat bermanfaat dalam kehidupan. (motivasi)
- Masih di dalam grup WA kelas, guru menyampaikan tentang kegiatan (ada 3 kegiatan asinkronus) dan Penilaian yang akan di ambil pada kegiatan pembelajaran hari ini yaitu penilaian sikap, penilaian keterampilan dan penilaian pengetahuan. Kegiatan menggunakan aplikasi wordwall untuk games IPA (penilaian Pengetahuan), Liveworksheets untuk LKPD online (penilaian keterampilan) dan padlet untuk refleksi kegiatan belajar )
2. Kegiatan Inti (asinkronus)
- Guru menyampaikan kegiatan belajar di grup whatsapp kelas dengan skenario pembelajaran yang berurutan.
- Guru mempersilahkan kepada peserta didik untuk mengakses materi pada blog guru: https://anton-gurubro.blogspot.com/2021/07/gerak-pada-makhluk-hidup.html#more
- Guru meminta siswa untuk membaca infografis dan mengerjakan games IPA sebagai bentuk uji kemampuan awal.
- pada games ini guru menggunakan aplikasi wordwall yang bersuara, bergambar serta berpikir kritis.
- Link Games: https://wordwall.net/play/19429/221/329
- games ini Ini ditujukan bagi siswa yang memiliki profil belajar audio dan visual.
- Untuk peserta didik dingan gaya belajar kinestetik sediakan infografis yang bisa di download dan bisa ditempel di rumah mereka.
- Guru dan peserta didik melakukan kegiatan diskusi atau tanya jawab secara asinkronus di grup WA bagi yang belum memahami materi yang terdapat di blog guru.
- Guru menyampaikan kegiatan selanjutnya adalah mengakses LKDP online secara mandiri. LKDP online dikerjakan selama 45-60 menit menggunakan liveworksheets. Akses link: https://bit.ly/LKPD-Online_GerakPadaTumbuhan
- Guru meminta screenshoot hasil kegiatan mandiri LKPD online di whatsapp guru.
- Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan games IPA dibagian bawah materi blog untuk menguji kemampuan akhir siswa, akses Link games : https://wordwall.net/play/19429/221/329
3. Kegiatan Penutup (asinkronus)
- Peserta didik Bersama guru melakukan refleksi dan umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap proses kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan mengakomodir profil belajar.
- Kegiatan umpan balik peserta didik dilakukan dengan mengakses link padlet
- Guru menutup pelajaran digrup Whatsapp kelas dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(religius)










Tidak ada komentar:
Posting Komentar