Direct Learning With Skill Abad 21 memanfaatkan Liveworksheets
Alhamdulillah, Bersyukur kepada Allah SWT telah menjadi bagian yang terus "belajar bergerak berbagi untuk negeri". Bukan menjadi terbaik ketika berada di CGP ini, akan tetapi karena banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.
Pembaca, rekan-rekan guru yang luar biasa di nusantara. Mencoba menyempatkan menulis kisah pengalaman mengajar di kelas yang saya lakukan pada hari Sabtu tanggal 2 Oktober 2021. Saya berharap pengalaman ini bisa memberikan ide inovatif bapak-ibu guru untuk bisa melakukan pembelajaran yang baik dan berdampak di kelas setiap waktu. Entahlah bapak-ibu guru, apakah kemudian pembelajaran yang saya lakukan ini baik diterapkan di sekolah bapak-ibu guru? atau mungkin sangat banyak kekurangan dan kelemahan dalam prosesnya? maka dengan berbagi di tulisan ini, saya berharap ada masukan, komentar atau umpan balik yang positif sehingga pembelajaran yang saya lakukan pada PTM Terbatas ini bisa lebih baik lagi.
Proses belajar yang saya lakukan ini hanya sederhana saja, saya memilih melakukannya karena memanfaatkan sumber daya yang ada pada pribadi, sekolah dan juga pada anak. Mengembangkan modal tersebut menjadi bermanfaat positif bagi peserta didik. Pembelajaran kali ini saya memanfaatkan andorid sebagai alat dan media belajar serta liveworksheets sebagai sumber belajar.
Untuk kegiatan belajar kali ini, saya mengambil materi kelas IX dengan topik Listrik Statis. Tujuan pembelajaran yang akan siswa dapatkan adalah:
- Peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian atom
- Peserta didik mampu menjelaskan kenapa benda menjadi bermuatan listrik
- Peserta didik mampu menentukan beberapa peristiwa benda menjadi bermuatan listrik'
- Peserta didik mampu memahami sifat-sifat muatan listrik
- Melakukan apersepsi dan kesiapan belajar
- Menyampaikan tentang materi yang akan dipelajari
- Melakukan pretest menggunakan android; berupa LKPD online dengan aplikasi liveworksheets
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Menjelaskan materi
- Melakukan demonstrasi dan diskusi
- Menjelaskan-penguatan
- Melakukan posttest dengan android; LKPD online (sama dengan pretest)
- Menyimpulkan materi sebagai bentuk penguatan
- Meminta umpan balik kepada peserta didik, kalau hanya satu dua orang saja, dilanjutkan di grup WA
- Menutup dengan doa dan salam
Deskripisi singkat kegiatan belajar
Dari hasil nilai di atas, terdapat perbedaan yang baik. Terjadi peningkatan antara nilai pretest dan posttest, walaupun ada 3 siswa yang belum mengalami penaikan setelah proses pembelajaran dilakukan. Pada saat saya menulis artikel ini, saya belum sempat bertanya kepada ketiga anak tersebut kenapa mendapat nilai yang belum maksimal dibanding temannya yang lain. Akan tetapi setelah saya cek LKPD, ada beberapa item yang terjadi eror, sehingga seharusnya nilai siswa mendapatkan hasil yang sempurna menjadi berkurang skor yang diperoleh.
Umpan balik menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh guru. Hal tersebut ditujukan untuk melihat respon dari peserta didik dalam pembelajaran yang sudah dilakukan, apakah baik atau belum baik. Selain itu juga, umpan balik peserta didik bisa dijadikan acuan, apakah model dan metode pembelajaran yang dilakukan di kelas, sudah efektif, menyenangkan dan menciptakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Tidak menjadi masalah ketika peserta didik menyampaikan hal jujur tentang pembelajaran yang guru lakukan di kelas. Hal tersebut seharusnya menjadi evaluasi dan refleksi guru untuk guru bisa memperbaiki terus dan terus proses pembelajaran di kelas, sehingga menjadi lebih baik selanjutnya.
Berikut Umpan balik yang disampaikan peserta didik dari pembelajaran yang dilakukan:
Demikian Kegiatan berbagi proses pembelajaran di kelas, semoga bermanfaat.
Mohon komentar bagi yang membaca yaa..
Terima kasih






Tidak ada komentar:
Posting Komentar