Halaman

Kamis, 02 September 2021

Kegiatan Aksi Nyata Modul 2.2

Pembelajaran KSE Berdiferensiasi
Daring - Sinkronus

Kembali saya CGP Angkatan 2 Kabupaten Lampung Tengah berasal dari SMP Negeri 3 Terusan Nunyai menghadirkan sebuah kegiatan Aksi Nyata dari program Pendidikan Calon Guru Penggerak. Pada kesempatan ini, Aksi Nyata yang saya lakukan adalah pada modul 2.2 yaitu tentang Penerapan rancangan pembelajaran KSE (Keterampilan Sosial dan Emosional) Berdiferensiasi di kelas. Pelaksanaan Kegiatan Aksi Nyata yang saya lakukan pada tanggal 19 Agustus 2021 di kelas 94, 95 dan 96 dengan pertemuan virtual menggunakan webmeet (gmeet).

Untuk RPP KSE Berdiferensiasi pada kegiatan ini, topik yang saya ambil adalah Sistem Organ Reproduksi dengan subtopik Gangguan dan penyakit serta Upaya pencegahan pada sistem reproduksi manusia.

Kegiatan pembelajaran dalam RPP KSE diferensiasi daring sinkronus yang saya buat selain memperhatikan pemetaan kebutuhan peserta didik; seperti memperhatikan dari sisi kesiapan belajar (readiness), minat belajar siswa, profil belajar (gaya belajar) siswa. RPP ini juga memenuhi strategi diferensiasi dalam kegiatan pembelajaran; apakah strategi diferensiasi proses, konten ataupun strategi diferensiasi produk. RPP dalam kegiatan pembelajaran pada Aksi Nyata ini juga menerapkan model pembelajaran keterampilan sosial dan emosional (KSE) berbasis kesadaran penuh (mindfullness). Walaupun tidak secara menyeluruh setidaknya ada 3 dari 5 kompetensi sosial emosional bisa dipenuhi atau didapatkan oleh peserta didik. Diantara kompetensi keterampilan sosial emosional yang dimunculkan dalam pembelajaran kali ini yaitu (1) Kompetensi kesadaran diri (2) Kompetensi pengendalian diri (3) Kompetensi Pengambilan keputusan yang bertanggungjawab.

Adapun Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran pada aksi nyata penerapan RPP diferensiasi untuk modul 2.1 ini adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan Pendahuluan 

  • guru menyiapkan kondisi psikis dafisik pesertdidik dalam kelas daring sepertmenyapa dengan salam, mengkondisikan kerapihan penampilan, presensi, penyampaian tata tertib dan kesepakatan kelas, kesiapan teknis audio, ppt, dan lain-lain. (Orientasi) 
  • (Penyampaian kesepakatan kelas : KSE yaitu melatih pengelolaan diri membangun emosi untuk saling menghargai dan menghormati.
  • Dalam pertemuan virtual (gmeet) peserta didik menjawab pertanyaan apersepsi guru:
  • Guru bertanya : Anak-anak masih ingat materi pada pertemuan kemarin?
  • Peserta didik menjawab: "iya, tentang organ reproduksi pada manusia"
2. Kegiatan Inti

Keterampilan Sintak dan Kegiatan Pembelajaran Abad 21
A. Pencariaan informasi (seeking of information)
  • Guru memberikan rangsangan dengan menampilkan gambar sebuah slide judul materi kemarin (diferensiasi proses dan konten)
    • Peserta didik menjawab pertanyaan guru:
    • Pertanyaan dalam bentuk aplikasi liveworksheeets (KLIK LINK)
    • Menurut kalian gambar apakah ini?
    • Bisa menyebutkan nama-nama organnya? yuk sebutkan...
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, peserta didik mendengarkan penjelasan guru. (diferensiasi proses)
KSE : Pengelolaan diri, menghargai dan fokus
  • Guru menjelaskan materi singkat dengan menggunakan ppt power point. (diferensiasi proses dan konten)
Berpikir Kritis
  • Guru membimbing peserta didik mencari informasi pelajaran secara mandiri (offline) dengan buku paket serta buku penunjang lain.
  • Guru juga mempersilahkan peserta didik masuk link blog guru untuk menambah literasi materi tentang sistem reproduksi lanjutan. (diferensiasi proses dan konten)
Silahkan (KLIK BLOG GURU)
Silahkan (KLIK MATERI)

B. Sintak 2: Perolehan informasi (Acquisition on information)
Kolaborasi
  • Peserta didik melakukan aktivitas mandiri dan berdiskusi via WA untuk membuat tugas mandiri berupa poster atau infografis tentang upaya pencegahan penyakit dan gangguan pada sistem reproduksi. (diferensiasi produk)
Catatan. Sebagai contoh bisa melihat diberbagai sumber atau pada blog guru
KSE : Melatih pengelolaan diri untuk fokus dan kesadaran diri untuk bertanggung jawab)
  • Peserta didik mengirim hasil kerja mandiri berupa produk pembelajaran pada link yang sudah disediakan guru. (KLIK LINK PENYETORAN PRODUK)

C. Sintak 3: Simpulan (sintesa) Pengetahuan (Synthesizing of Knowledge)
Komunikasi
  • Peserta didik mengunggah hasil produk pembelajaran melalui media sosial masing-masing. (diferensiasi proses dan produk)
KSE : Melatih kesadaran diri; bertanggung jawab

3. Kegiatan Penutup
  • Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari ini yang dilakukan bersama-sama.
  • guru melakukan refleksi (umpan balik) dari kegiatan pembelajaran dengan meminta beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara langsung atau bisa mengisi pada kolom chat dan pada link padlet. (diferensiasi proses dan konten)
KSE : Pengelolaan diri, emosi untuk saling menghargai dan menghormati
  • Guru memberikan tugas latihan untuk dikerjakan sebagai pekerjaan rumah. (LINK TUGAS PR)
KSE : Membentuk keterampilan kesadaran diri, bertanggung jawab
  • Menutup pelajaran dengan berdo'a dan mengucap salam
Berikut RPP KSE Berdiferensiasi pada Kegiatan Aksi Nyata Modul 2.2


Video Hasil Aksi Nyata

2 komentar: