Halaman

Selasa, 28 September 2021

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

Pemetaan Aset (Modal)Sumber Daya di Sekolah

Alhamdulillah, Bersyukur kepada Allah SWT telah menjadi bagian yang terus "belajar bergerak berbagi untuk negeri". Bukan menjadi terbaik ketika berada di CGP ini, akan tetapi karena banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. 

Kembali kita bertemu pada ruang dan bahasan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, saya CGP mencoba menuangkan aktivitas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 yang membahas tentang Pemetaan Aset atau Sumber daya yang ada di sekolah. Aktivitas pemetaan aset di sekolah ini memuat 7 modal utama sebagai bentuk kekuatan yang bisa dimanfaatkan serta dikembangkan sehingga menjadi lebih produktif dan berdaya guna dalam proses pembelajaran atau pendidikan di sekolah. Saya juga tetap memberikan sajian aktivitas Demonstrasi Kontekstual ini  dalam bentuk tulisan blog dan sebuah video presentasi, sehingga kita bisa menikmati kenyamanan dalam penyajiannya.

Aset atau Sumber daya di sekolah adalah faktor yang sangat mendukung dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah serta program-program yang meningkatkan mutu sekolah. Kemampuan sekolah memanfaatkan aset atau sumber daya di sekolah menjadi berdaya guna dan produktif untuk pengembangan mutu sekolah tergantung cara pandang sekolah menyikapinya. Kemampuan ini dilihat dari sekolah memandang dari sisi kekuatan atau kelemahan (kekurangan). Jika kemudian sekolah mampu memandang aset-sumber daya yang ada dengan pandangan positif (kekuatan), maka akan menimbulkan energi besar untuk memanfaatkan aset tersebut menjadi produktif dan berdaya guna buat warga sekolah serta sangat menunjang bagi keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Butuh kerja sama yang baik, saling mendukung antara pimpinan kreatif, inovatif dan berjiwa pengembang dengan rekan guru serta warga sekolah dalam memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga menjadi kekuatan sekolah mencapai pendidikan yang merdeka dan berdampak pada murid.

Dalam Asset building and community development, menurut Green dan Haines (2002); sekolah bisa mendaftar atau melakukan pemetaan kekuatan aset yang ada di sekolah. Setidaknya ada 7 aset atau modal utama yang bisa dijadikan sebagai sumber daya atau sumber kekuatan yang ada di sekolah, yaitu:

  1. Aset / modal manusia
  2. Aset / modal sosial
  3. Aset / modal fisik
  4. Aset / modal lingkungan atau alam
  5. Aset / modal finansial
  6. Aset / modal politik
  7. Aset / modal Agama dan budaya

Ke- 7 aset ini bisa sekolah pakai dengan menerapkan pendekatan pengembangan berbasis aset (asset based thinking), agar menghasilkan sikap mandiri dari suatu sekolah untuk dapat menyelesaikan tantangan atau permasalahan yang dihadapi dengan bermodalkan kekuatan (aset-sumber daya) dan potensi yang ada di dalam diri sekolah, serta hasil akan sesuai harapan dan berkelanjutan. Pendekatan ini juga mampu memberikan ruang aktivitas praktis untuk menemukan dan mengenali hal-hal yang positif di sekolah, dengan melihat serta menggunakan kekuatan yang ada sebagai tumpuan berpikir, fokus pada proses kerja dan menginspirasi tindakan yang positif.

Secara ringkas kami sajikan Pemetaan Aset atau Sumber Daya yang ada di SMP Negeri 3 Terusan Nunyai pada ebook di bawah ini.

Terima kasih

Berbagi adalah bagain indah yang pernah ada untuk kita sebagai manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar